Berikut 7 Fakta Unik Tentang Gurun Sahara

BERITA TERKINI – Sekarang ada kegemparan media sosial atas pencarian tautan ke foto Gurun Sahara. Apa yang terjadi dengan gurun Sahara? Berikut 7 fakta menarik tentang Gurun Sahara yang sedang trending saat ini (09/8/22).

Nama Sahara menjadi viral setelah banyak video FYP TikTok yang melarang “Sahara” di Google Maps.

Hasilnya Ternyata bukan foto Gurun Sahara yang sebenarnya, melainkan foto cabul seorang pria bernama Kevin Bentine.

Dia meminta warga TikTok untuk tidak ikut mencarinya. Namun alih-alih mengikuti warga TikTok, banyak yang mencarinya. Banyak yang mengatakan bahwa larangan adalah perintah. “Jangan pernah mencoba mencari Gurun Sahara di Google Maps”.

Berikut 7 fakta yang perlu Anda ketahui tentang Gurun Sahara:

1. Sahara dalam Bahasa Arab

Nama “Sahara” berasal dari kata Arab “Ahra” yang berarti gurun. Bentuk jamak dari ahra adalah ahara, yang juga terkait dengan sifat ashar, yang berarti gurun dengan konotasi warna yang kuat.

2. Seberapa panas Sahara?

Gurun Sahara adalah tempat terpanas di dunia dan salah satu yang paling ekstrim. Suhu rata-rata di Sahara mencapai 30 derajat Celcius, sedangkan suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 58 derajat Celcius.Sementara banyak orang percaya bahwa iklim Sahara selalu panas, suhu di malam hari turun drastis karena kurangnya kelembaban.

3. Seberapa besar Sahara?

Luas total Gurun Sahara sekitar 3,32 juta mil persegi atau 8,6 juta kilometer persegi. Berbatasan dengan Samudra Atlantik di barat, Pegunungan Atlas dan Laut Mediterania di utara, Laut Merah di timur, dan wilayah Sahel di selatan. Sahara yang luas, meliputi hampir sepertiga dari benua Afrika, mencakup 11 negara termasuk Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, Barat dan Tunisia.

4. Apakah ada tumbuhan dan hewan di Sahara?

Sahara memiliki berbagai macam flora dan fauna. Sekitar 500 spesies tumbuhan, 70 spesies mamalia, 90 spesies burung dan 100 spesies reptil ditemukan di seluruh Sahara. Banyak spesies laba-laba, kalajengking, dan artropoda kecil lainnya hidup di Sahara.

5. Apakah akan turun salju di Sahara?

Meski terbilang panas, ternyata Sahara sudah beberapa kali turun salju. Hujan salju terakhir di Sahara akan terjadi pada Januari 2022. Saat itu suhu mencapai -2 derajat.

6. Curah hujan rendah hingga sedang

Setengah dari Sahara menerima curah hujan kurang dari 1 inci per tahun. Meskipun banyak yang percaya Sahara memiliki iklim panas, suhu malam hari turun drastis karena kurangnya kelembaban. Suhu malam hari bisa turun hingga -6°C.

7. Tempat Wisata Sahara

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Sahara. Salah satu yang terbaik adalah melihat bintang. Tanah tandus berarti ada sedikit polusi cahaya yang dapat mengaburkan langit. Akibatnya, seluruh alam semesta menjadi terlihat jelas. Pengunjung juga dapat mengambil bagian dalam kegiatan seperti menunggang unta, bersepeda quad, dan selancar pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *