Gempa Bumi Terjadi Lagi, Sukabumi Berduka

Pada hari Selasa (26/04/2022), Gempa bumi berkekuatan 5,0 M mengguncang daerah Sukabumi dan lainnya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan. Secara resmi mengenai Gempa yang terjadi di Sukabumi yang terasa sampai Bandung, Bogor dan wilayah lainnya.

BMKG menyebutkan bahwa gempa yang terjadi di Sukabumi pada hari Selasa pukul 1.06 WIB tidak berpotensi menyebabkan Tsunami. Tetapi warga tetap di himbau untuk Tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin akan terjadi.

BMKG menjelaskan secara rinci mengenai penyebab gempa bumi terjadi di Sukabumi di 56km tenggara kabupaten Sukabumi Jawa barat. Analisa BMKG menyebutkan bahwa gempa berkekuatan 5,0 m ini terletak pada koordinat 7.48 LS dan 106.68 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 56 km Tenggara Kabupaten Sukabumi Jawa barat pada kedalaman 25 kilometer.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar yang terjadi di dasar laut. Di bagian dari Lempeng Eurasia” Ujar Hartanto. Akibat dari gempa tersebut, beberapa wilayah mengalami guncangan yang telah di petakan oleh BMKG.

Menurut masyarakat setempat, kejadian gempa tersebut dapat dirasakan seperti rumah bergoyang dan benda-benda lainya. Namun hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut. BMKG mengatakan kepada masyarakat agar tetap waspada dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang beredar.

Baca Juga :Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, BMKG Himbau Masyarakat Siaga

2 thoughts on “Gempa Bumi Terjadi Lagi, Sukabumi Berduka

Leave a Reply

Your email address will not be published.